Kreasi Kerajinan Tangan dari CD Bekas dan Cara Membuatnya

Siapa sangka, ternyata kerajinan tangan dari CD bekas nyatanya menjadi salah satu ide kreatif yang sangat menarik dan patut untuk dicoba. Memang, secara sekilas CD bekas hanya tampak sebuah kepingan yang tampak tak berguna namun jika kita daur ulang maka jangan kaget jika benda berbentuk kepingan tersebut bisa menjadi produk kerajinan tangan yang begitu unik. Bahkan, buat kawan-kawan yang suka bisnis, kreasi kerajinan tangan dari CD bekas ini pun bisa menjadi ide usaha yang cukup menjanjikan. Di samping itu, teman-teman pun juga bisa memanfaatkan CD bekas ini untuk dijadikan kerajinan seperti hiasan dinding, lampu hias, maupun ide kreatif lainnya. Tak hanya itu saja, cara membuatnya pun juga terbilang cukup mudah dan tak membutuhkan banyak biaya. Pastinya, teman-teman sudah tak sabar kan, ingin tahu kira-kira apa saja sih kreasi kerajinan tangan dari CD bekas itu? Jangan khawatir, kali ini Cara Craft akan berbagi tutorial beserta cara membuatnya.


kerajinan tangan dari cd bekas
Kerajinan Tangan dari CD Bekas
Di sisi lain, perlu sobat pahami juga bahwa kreasi kerajinan tangan dari CD bekas ini terbilang masih langka dan belum banyak yang membuatnya. Selain itu, ide kreatif yang satu ini pun juga bisa dibilang tak terlalu rumit juga. Sehingga, tampaknya kreasi kerajinan tangan yang satu ini layak untuk sobat praktekan atau terapkan sendiri di rumah. Nah, tak perlu berlama-lama, yuk kita simak bersama ulasan yang akan Cara Craft bahas kali ini terkait kreasi kerajinan tangan dari CD bekas beserta dengan penjelasan cara pembuatannya.

Kerajinan Tangan dari CD Bekas

Di bawah ini, Cara Craft akan jelaskan berbagai macam ide kreasi kerajinan tangan dari CD bekas yang bisa kawan-kawan coba.

1. Tirai Kamar dari CD Bekas
Ide yang satu ini cukup menarik juga. Pasalnya, dengan kepingan bagian belakang CD yang memiliki spektrum warna seperti pelangi, bisa menambah nuansa keindahan dalam kamar. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa alat maupun bahan serta cara membuat tirai kamar dari CD bekas.
tirai kamar dari cd bekas
Tirai Kamar dari CD Bekas
Alat dan Bahan Membuat Tirai Kamar dari CD Bekas
Siapkan beberapa kepingan CD atau DVD bekas yang sudah tak terpakai. Kali ini, kita menggunakan 15 keping CD.
Bor kayu atau solder yang nantinya digunakan untuk melubangi sebagian CD.
Klip kuku
Tali pengait

Cara Membuat Tirai Kamar dari CD Bekas
Untuk cara pembuatannya, pertama buatlah lubang kecil berdiameter ½ cm pada bagian pinggir kepingan CD bekas dengan memakai bor kayu atau solder. Perlu diketahui bahwa jika sobat menggunakan solder maka pastikan solder dalam keadaan panas dan berhati-hatilah saat menggunakannya agar lubang yang dibuat lebih rapi.
Jika sudah, gunakan tali pengait untuk mengaitkan antar lubang yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk melakukannya, sobat bisa menggunakan klip kuku yang ukurannya besar.
Selanjutnya, cara membuat tirai kamar dari CD bekas yaitu dengan merangkainya seperti tirai yang terdiri dari 5 keping CD. Lakukan hal serupa pada 10 CD bekas lainnya untuk menjadi rangkaian tirai kamar 5 keping CD. Namun, sobat juga bisa menyusunya dengan pola yang sesuai selera maupun keinginan.
Terakhir, sobat hanya perlu memasang rangkaian tersebut pada tali yang dikaitkan di bagian belakang gorden tirai jendela. Tirai kamar dari CD bekas pun sudah selesai.

2. Kipas Angin dari CD Bekas
Jangan kaget dengan menggunakan CD bekas, kawan-kawan bisa membuatnya menjadi sebuah kipas angin yang cukup menarik. Namun, untuk menerapkan ide kerajinan ini, memang dibutuhkan beberapa alat dan bahan serta proses pembuatan yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang cukup tinggi. Namun, apa salahnya dicoba kan?

kipas angin usb dari cd bekas
Kipas Angin USB dari CD Bekas
Alat dan Bahan Membuat Kipas Angin USB dari CD Bekas
Pertama, siapkan kabel USB. Sobat bisa membelinya di toko aksesoris komputer atau bisa juga dengan menggunakan kabel printer USB bekas.
Motor DC atau dinamo bekas mainan.
Satu buah keping CD bekas.
Pipa PVC untuk dijadikan selongsong.
Kabel beserta terminal kabel.
Gabus bekas tutup botol
Jangan lupa juga siapkan lem, gunting, lilin, obeng, dan kawat.

Cara Membuat Kipas Angin USB dari CD Bekas
Pertama-tama, buatlah 8 garis pada CD bekas sehingga membentuk seperti kipas. Lalu, potong sampai pangkal lubang tengah CD.
Jika sudah maka hidupkan lilinnya dan panaskan bagian permukaan CD (yang bukan berwarna pelangi) sambil digoyangkan dan diplintir. Langkah ini dilakukan agar pola 8 garis tadi membentuk pola layaknya kipas pada kipas angin.
Lanjut pada tahapan berikutnya, buat sebuah lubang kecil pada tutup botol gabus tadi dengan menggunakan kawat.
Nah, menginjak pada langkah pembuatan kipas dari CD bekas selanjutnya, masukan tutup botol yang sudah dilubangi tadi ke dalam kepingan CD yang telah berbentuk pola kipas tadi.
Apabila sudah, siapkan kabel USB dan kupaslah. Nanti akan muncul 4 warna kabel dengan warna yang berbeda, yaitu warna hijau dan putih serta merah dan hitam. Potonglah kabel yang berwarna hijau maupun putih. Sehingga, nantinya yang tersisa hanya kabel merah dan hitam. Perlu diketahui bahwa kabel merah ini adalah +5V sedangkan yang berwarna hitam itu ground 0V.
Tahapan berikutnya, pasang kabel yang berwarna merah dan hitam tadi ke dalam terminal kabel yang sebelumnya sudah dipersiapkan.
Lalu, masukan pada selongsong pipa PVC kemudian, pasanglah kabel tersebut.
Jangan lupa untuk menghubungkan kabel tersebut dengan dinamo atau motor berarus DC. Sampai pada tahapan cara membuat kipas angin USB dari CD bekas ini, yang perlu diperhatikan yaitu kabel berwarna merah disambungkan ke positif +5V sementara untuk kabel hitamnya ke GND (ground).
Jika sudah, tempelkan lem ke CD yang digunakan sebagai dudukannya lalu pasang kipasnya.
Menginjak langkah terakhir, hubungkan kabel USB pada komputer atau laptop. Selesai.

3. Hiasan Dinding Kamar dari CD Bekas
Untuk memberikan nuansa yang lebih berkesan di kamar maka CD bekas pun bisa dijadikan sebagai hiasan dinding pada kamar. Sehingga, tanpa perlu membeli perabotan atau aksesoris pun sobat akan memiliki kamar yang memiliki nuansa seni yang cukup menarik. Berikut beberapa alat, bahan, dan cara membuatnya.

hiasan dinding dari cd bekas
Hiasan Dinding dari CD Bekas
Alat dan Bahan Membuat Hiasan Dinding dari CD Bekas
Beberapa keping CD bekas. Di sini, Cara Craft menggunakan 3 keping CD bekas.
Siapkan juga cat khusus akrilik dengan warna sesuai selera dan kuasnya.
Lem aibon atau lem sejenis yang kuat untuk merekatkan CD pada dinding atau tembok kamar.
Jangan lupa, sediakan pensil, obeng maupun benda lain yang memiliki ujung yang lancip.

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari CD Bekas
Di langkah awal ini, siapkan CD bekas dan warnai CD bekas pada bagian yang berpelangi tersebut dengan warna sesuai selera. Namun, pada praktek ini Cara Craft menggunakan cat yang berwarna hitam. Diamkan sejenak sampai cat benar-benar kering. 
Jika pewarnaan sudah merata dan kering maka bentuklah sebuah pola atau desain pada cat akrilik yang sudah mengering tadi menggunakan pensil. Bisa membuat pola batik, bunga, ataupun pola lain.
Apabila pola yang dibuat sudah selesai maka lanjutkan pola tersebut dengan menggoresnya menggunakan obeng atau benda lancip lainnya. Ingat ya, goresan yang dibuat disesuaikan dengan bentuk pola yang sudah digaris menggunakan pensil.
Jika sudah, tempelkan pada dinding menggunakan lem kuat yang sudah dipersiapkan tadi.
Hiasan dinding dari CD bekas pun sudah jadi dan siap memberikan nuansa seni pada kamar sobat.

4. Jam Unik dari CD Bekas
Apabila kawan-kawan ingin memiliki jam dinding yang unik dan menarik, tak perlu membeli pun teman-teman bisa membuatnya sendiri menggunakan CD bekas. Bahkan, ide kerajinan membuat jam dari CD bekas ini bisa menjadi salah satu kreasi alternatif ketika jam dinding yang sobat miliki rusak namun dinamo jarum jam masih bisa berjalan. Maka, manfaatkan CD bekas sebagai bahan untuk didaur ulang menjadi jam dinding yang menarik.
jam dari cd bekas
Jam dari CD Bekas
Alat dan Bahan Membuat Jam Dinding dari CD Bekas
Alat yang dibutuhkan yang pertama yaitu satu keping CD bekas
Kemudian, mesin jam atau dinamo jarum jam yang sudah tak terpakai namun masih beroperasi dengan baik. Kawan-kawan juga bisa membelinya di toko jam dengan harga yang bervariasi.
Siapkan juga satu buah kertas cover CD yang berlubang 1 dan berjenis inkjet.
Double tape yang ada gabusnya berwarna hijau.
Template jam dinding dengan format psd yang bisa didownload di internet sebagai background jam.

Cara Membuat Jam dari CD Bekas
Langkah yang pertama, pilihlah satu gambar yang nantinya akan dijadikan cover jam. Cari dan pilihlah template background cover jam sesuai keinginan. Sobat bisa mencarinya di Google.
Jika sudah, buka Photoshop lalu paste gambar cover yang sudah didownload tadi. Atur layer gambar tersebut supaya sesuai dengan pola angka jam. Jika sudah simpan dalam bentuk file jpg.
Selanjutnya, bukalah aplikasi Nero atau pun aplikasi sejenis. Lalu, masukan gambar cover jam tersebut kemudian diprint menggunakan kertas cover CD yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Perlu diingat bahwa menginjak pada tahapan cara membuat jam dari CD bekas pada sesi ini memang cukup sulit mengingat untuk membuat gambar agar pas di kertas label cover CD tak semudah yang dibayangkan. Maka dari itu, cermat, teliti, dan berhati-hatilah.
Nah, apabila background template untuk jam tadi sudah selesai diprint maka langkah selanjutnya yaitu menempelkan kertas cover tersebut pada cd.
Menginjak langkah berikutnya, pada mesin jam bila kita cermati akan ada sebuah ring yang digunakan untuk memasang jam. Akan tetapi, tak jarang juga ukuran ring tersebut terlalu kecil jika dibandingkan lubang CD. Maka dari itu, kali ini Cara Craft menggunakan double tape pada mesin jam lalu ditempelkan pada CD. Namun, telitilah untuk posisi pemasangannya di mana baterai berada di bagian bawah.
Kemudian, pasanglah jarum jam sesuai posisi, dari jarum detik, yang panjang sampai dengan jarum yang berukuran pendek. Arahkan pada posisi ke arah jam 12.
Sebagai dudukan maka sobat bisa menggunakan kertas karton atau benda lain yang pas agar jam bisa berdiri.

Jika kita lihat sekilas memang ada berbagai macam kreasi kerajinan tangan dari CD bekas yang terbilang unik dan menarik serta layak untuk dicoba. Seperti pada keempat contoh ide kerajinan tangan di atas yang telah Cara Craft sampaikan. Bahkan, dari beberapa ide kreatif di atas bisa sobat kembangkan lagi menjadi barang kerajinan yang bernilai. Nah, itulah tadi uraian atau penjelasan lengkap mengenai kreasi kerajinan tangan dari CD bekas beserta proses pembuatannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar